Ikan Tenggiri Raja atau King Mackerel


King Mackerel

Ikan Tenggiri Raja atau Kingfish Mackerel adalah termasuk kedalam keluarga Scombridae, ikan tenggiri raja juga disebut kingfish atau raksasa makarel yang banyak ditemukan di Samudera Indonesia pada perairan tropis, itu berkisar dari pantai barat pulau Sumatera sampai ke selatan pulau Papua Indonesia, termasuk Laut Arafura, dan umum sekitar pulau Sangiang sebelah tenggara pada waktu musim angin barat tiba. Ikan Tenggiri Raja ini adalah spesies ikan yang suka bermigrasi jauh dan badan selalu bergerak.

Pada saat tiba musim angin barat, ikan tenggiri raja bermigrasi jauh dari pantai barat pulau Sumatera hingga memasuki wilayah perairan Selat Sunda dan bermain-main dipulau Sangiang disebelah tenggara pulau itu. Selama musim angin barat, ikan tenggiri raja akan menetap diwilayah perairan Selat Sunda untuk berlindung dari amukan gelombang besar di Samudera Indonesia. Di perairan Selat Sunda ikan tenggiri raja atau Kingfish mackerel ini juga mencari makanan, yang banyak berlimpah di Selat Sunda saat musim angin barat.

Hal ini terjadi karena situasi perairan pantai barat pulau Sumatera dan pantai selatan pulau Jawa sedang di landa cuaca yang sangat buruk yaitu angin kencang dan gelombang besar. Karena situasi buruk pada kedua lokasi tersebut banyak spesies ikan pelagis yang lainnya bermigrasi masuk ke perairan Selat Sunda yang lebih aman dari amukan gelombang besar dan angin kencang.

Pada saat musim angin barat wilayah sekitar perairan Selat Sunda akan dipenuhi dengan berbagai macam jenis ikan umpan pelagis, seperti ikan selar besar, kembung, gentongan, todak, kacang-kacang, lemuru, tembang, cumi-cumi, layang, ekor kuning dan ikan barakuda.

Mereka semua akan mendiami area kawasan terumbu karang dangkal sekitar pulau Sangiang dan pantai-pantai yang ada di Selat Sunda. Kawasan area terumbu karang dangkal di sekitar perairan selat Sunda mempunyai kedalaman antara 2 meter sampai 20 meter. Area terumbu karang dangkal ini membentang dari Merak sampai ke Ujung Kulon dan disekitar kepulauan Krakatau ditengah Selat Sunda.

Kadang-kadang ikan tenggiri raja dapat ditangkap dari dermaga kapal atau pelabuhan laut dan di sekitar pintu masuk kapal ke pelabuhan laut. Rombongan ikan tenggiri raja ini sering terlihat di sekitar bangkai kapal, pelampung lampu sinyal, bagan tancap, terumbu karang dan daerah lain yang banyak menyimpan makanan berlimpah.

Sirip ikan tenggiri raja bervariasi dalam ukuran dan individu ikan tenggiri raja terbesar ini biasanya suka menyendiri. Mereka dapat dibedakan dari ikan tenggiri spanyol atau makarel Spanyol yang lainnya di Atlantik Barat oleh dip tajam dalam garis lateral di bawah sirip punggung kedua, dengan jumlah yang relatif kecil dari duri di sirip punggung pertama.

Kelompok ikan tenggiri raja yang masih muda memiliki bintik-bintik mirip dengan yang ikan tenggiri spanyol atau mackerel Spanyol, Scomberomorus maculatus, tetapi tempat bintik-bintik itu akan menghilang sesuai dengan perkembangan usia nya. Sirip punggung pertama adalah seragam biru, yang ketiga anterior dari sirip ini tidak pernah hitam seperti dalam ikan tenggiri Spanyol dan ikan tenggiri cero.

Ikan Tenggiri Raja ini merupakan ikan spesies penting, baik untuk tujuan komersial karena ikan tenggiri raja memiliki daging yang putih dan lembut juga mengandung gizi yang tinggi. Ikan tenggiri raja juga disebut sebagai ikan olahraga mancing dilaut dalam yang banyak dilombakan dalam ajang turnamen lokal maupun internasional.

Metode penangkapan ikan tenggiri raja adalah dengan cara mancing trolling melayang baik dalam atau pada permukaan dengan menggunakan umpan tiruan rapala minnow, umpan ikan kembung dan selar batang hidup, pakula skirts, keseluruhan kecil serta memancing kasting dengan menggunakan umpan hidup.

Penulis : Sarwing Suryanto _ Blogger_wordpress.com

Tentang sangiangsea

saya suka menulis tentang apa saja
Pos ini dipublikasikan di Ikan Komersial, Ikan Laut, Ikan Olahraga Mancing, Ikan Predator, Mancing Ikan Laut, Wisata Mancing Dilaut dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s