Bagaimana Cara Mancing Cumi-cumi


ikan cumi-cumi_01 

Cumi – cumi  Sotong

 Cumi-cumi Sotong atau Cumi Sotong adalah cumi-cumi yang mempunyai bentuk agak panjang dan mengerucut pada ujungnya, habitatnya ada pada kedalaman air diatas 10m, makin dalam air lautnya, biasanya cumi sotong akan mempunyai ukuran tubuh yang lebih besar. Dapat dipancing hanya pada waktu malam hari dengan gelap bulan saja, jarang ditemui pada waktu siang hari, walaupun mungkin ada yang pernah menemukan berkeliaran pada waktu siang hari. Dapat dipancing dengan menggunakan alat pancing cumi-cumi yang ada pada umumnya.

 

cumi-cumi_01a

Cumi – cumi  Karang

 Cumi-cumi Karang atau biasa disebutkan ditempat daerah saya dengan nama Cumi kadut, yang banyak terdapat ditepi pantai yang berkarang atau tepi pantai dengan tumbuhan lamun. Cumi Karang  mempunyai bentuk tubuh hampir sama dengan cumi-cumi biasa, tetapi cumi karang mempunyai tubuh yang lebih besar dan berwarna agak lebih gelap dari cumi-cumi biasanya. Ciri khas cumi karang adalah terdapatnya sebuah batok pada punggung badannya atau yang biasa disebut dengan nama thothok.

Thothok cumi karang sangat berguna untuk makanan burung burung berkicau sebagai nutrisi tambahan, cumi karang dapat anda pancing pada waktu pagi hari sampai sore hari, bisa juga pada malam hari. Cumi karang lebih agresif dalam memburu mangsanya termasuk memburu umpan mancing cumi-cumi tiruan. Cumi karang biasa berkeliaran pada permukaan air laut dengan berenang mengikuti alunan gelombang pantai. Terkadang terlihat seperti sampah yang hanyut kesana kemari sambil berkamuflase untuk mengelabuhi mangsanya untuk mendekat dan ditangkap.

 

cumi-cumi bertelur_01a

Cumi – cumi

Bag anda yang menjadi penghobi berat mancing cumi-cumi mungkin sudah tak asing lagi dengan pertanyaan diatas, so pasti yang sudah mahir dan berpengalaman langsung lewat saja. Tetapi bagi anda yang baru mulai belajar atau pemula bisa disimak tulisan saya ini, sebetulnya mancing cumi-cumi itu biaya bisa sangat murah dan bisa juga menjadi mahal. Itu semua tergantung dari diri kita masing-masing, apabila anda mempunyai kantong tebal alias uang banyak tak akan menjadi masalah, anda cukup merogoh kantong anda untuk membeli seperangkat alat mancing cumi-cumi.

Alat pancing cumi-cumi bermacam-macam seperti dibawah ini :

  1. Kasting dengan alat pancing modern.
  2. Kasting dengan alat pancing manual.

1. Kasting Dengan Alat Pancing Modern

Untuk memancing cumi-cumi, cumi sotong, cumi karang dibutuhkan sebuah alat pancing yang lebih modern, karena untuk membuat lemparan umpan ke arah sasaran bisa tercapai. Alat pancing cumi-cumi yang dibutuhkan diantaranya adalah seperti Joran Kasting dengan panjang antara 6 ~ 9 feet + Reel kecil atau sedang + Tali pancing 4 ~ 6 lbs dan umpan mancing tiruan buatan  dalam negeri sudah cukup. Rekomendasi untuk tali pancing yang umum banyak digunakan oleh para pemancing cumi-cumi adalah ukuran 4 lbs dengan panjang tali pancing yang dibutuhkan sekitar 100m sudah cukup.

Untuk umpan mancing cumi-cumi anda bisa membelinya ditoko pancing terdekat dengan kota anda, bentuk umpan mancing cumi-cumi adalah berbentuk seperti udang-udangan dari bahan plastik atau yang dari bahan kayu yang diberi lapisan cat berwarna-warni, ukurannya juga bermacam-macam ada yang kecil maupun yang besar, harap disesuaikan dengan kebutuhan target ikan buruannya.

Kalau anda ingin memancing cumi-cumi, gunakanlah umpan mancing cumi-cumi yang berukuran kecil saja, tetapi kalau anda ingin memancing cumi sotong dan cumi karang, anda harus menggunakan umpan mancing cumi-cumi yang berukuran lebih besar seperti ukuran 7cm atau 9cm dan tali pancing bisa anda ganti dengan ukuran yang juga lebih besar sekitar 6 lbs. Kenapa tali pancing harus diganti dengan yang lebih besar…? Karena untuk jenis cumi sotong maupun cumi karang mempunyai ukuran bentuk tubuh yang lebih besar dari pada ukuran cumi-cumi biasa.

silstar crystal power tip rod

Silstar Rods Special Power

 Coastal™ Inshore Spinning Reels

TRILENE 51g coil AA300

Pancing Cumi Capella

 

2. Kasting dengan Alat Pancing Manual.

Kasting dengan alat pancing manual adalah cara mancing cumi-cumi yang paling murah meriah, sederhana dan terjangkau oleh siapa saja. Yang dibutuhkan hanya sebuah gulungan kayu, plastik atau kaleng minuman sekalipun masih bisa dipakai untuk tempat menggulungkan tali pancingnya. Untuk umpan mancing cumi-cumi tiruan anda bisa membuatnya sendiri dengan mudah dan cepat serta efektif.

Bahan-bahan nya adalah seperti tutup ballpoint yang berwarna putih, timah lembaran, mata kail khusus mancing cumi yang dapat dibeli ditoko pancing terdekat dikota anda. Tutup ballpoint yang berwarna putih tersebut pada ujung lancipnya kita lubangi, kemudian masukan tali pancingnya dan di ikatkan pada mata kail khusus pancing cumi-cumi tersebut. Ikat dengan kuat jangan sampai mudah lepas, kemudian dibungkus dengan lembaran timah secukupnya dan tarik masukkan kedalam tutup ballpoint tersebut.

Maka selesailah sudah alat pancing manual untuk mancing cumi-cumi yang siap untuk digunakan dalam acara berburu cumi-cumi di dermaga pelabuhan atau tembok penahan gelombang maupun di bagan tancap atau di bagan apung. Alat pancing seperti ini banyak digunakan oleh anak-anak di dermaga pelabuhan merak – cilegon, saya sendiripun pernah mencoba menggunakannya, ternyata berhasil dan efektif sekali.

Cara Mancing Cumi-cumi.

Langsung saja ya…!!! Setelah anda mempersiapkan alat pancing cumi-cumi secara lengkap, baik itu yang berupa alat pancing modern maupun alat pancing cumi-cumi manual, anda langsung berangkat menuju lokasi tempat yang diperkirakan banyak cumi-cuminya. Dimanakah tempat yang baik untuk mancing cumi-cumi…? Kalau anda akan memancing cumi-cumi yang jenis biasa, anda bisa mendatangi tempat-tempat seperti dermaga pelabuhan, tembok penahan gelombang laut yang biasa ada disekitar pelabuhan kapal dan bagan tancap atau bagan apung.

Kalau anda merencanakan mancing cumi-cumi di dermaga pelabuhan atau tembok penahan gelombang, carilah tempat disekitarnya yang ada lampu penerangan yang mengarah kelaut. Biasanya pada waktu malam hari dengan kondisi cuaca gelap bulan, cumi-cumi akan keluar untuk mencari makanan yang berupa ikan-ikan kecil atau ikan teri. Cumi-cumi tersebut biasanya akan berenang berputar-putar disekitar cahaya lampu saja. Apabila anda melihat gelagat sekelompok bayangan berwarna pink muda yang sedang berenang berputar-putar disekitar cahaya lampu pada permukaan air laut, itu suatu pertanda bahwa ditempat tersebut ada makhluk yang menjadi target buruan anda yaitu cumi-cumi.

Buka tas perlengkapan alat pancing cumi-cumi anda dengan santai saja, tidak perlu buru-buru, supaya orang lain tidak curiga kalau anda akan mancing cumi-cumi ditempat tersebut. Kalau sampai orang lain tahu maka area lokasi tersebut akan diserbu oleh banyak pemancing cumi-cumi yang lainnya dan anda akan kehilangan akses kesempatan yang besar untuk dinikmati sendiri. Untuk itu santai sajalah, seandainya ada orang bertanya jawab saja saya baru sampai disini, pasang reel pancing pada joran anda dengan santai dan keluarkan tali pancing dari dalam spool terus masukan kedalam kolongan atau ring joran dan terakhir pasang umpan mancing tiruan dengan ukuran yang kecil terlebih dahulu.

Apabila sudah selesai pergilah ketempat area lokasi target dengan cara berjalan-jalan disekitarnya sambil mengamati pergerakan sekelompok bayangan yang berwarna pink muda tersebut, setelah anda yakin itu pergerakan sekelompok cumi-cumi yang sedang berenang, sekarang mulailah aksinya anda lakukan dengan cara melempar umpan mancing cumi-cumi ke arah sekelompok bayangan pink muda tersebut. tetapi jangan persis jatuh ditengah-tengahnya, karena kalau jatuh tepat ditengah-tengah kelompok cumi-cumi, maka cumi-cumi tersebut akan langsung berlari cepat dan menghilang.

Cukup dilemparkan didekatnya saja, kemudian gulung atau putar handle reel anda secara perlahan-lahan, nanti cumi-cumi tersebut akan langsung mengejar pergerakan dari umpan mancing cumi-cumi anda yang berbentuk udang-udangan. Dan rasakan pada joran anda dengan kepekaan yang tinggi, karena tarikan cumi-cumi hampir tidak terasa sama sekali bagi anda yang belum pernah merasakan bagaimana cumi-cumi itu menarik umpan mancing udang-udangan anda. Apabila ada terasa sentakan pada joran dengan frekuensi rendah …Dhut..!!! atau seperti ada yang menahan pergerakan tali pancing anda, maka sudah dapat dipastikan cumi-cumi tersebut sedang menyergap umpan mancing tiruan anda.

Sentakkan joran anda dengan pelan tapi mantap, maka akan terasa sedikit ada beban yang menahan dan gulung terus sampai cumi-cumi tersebut anda tangkap. Kalau anda sudah mendapatkan satu janganlah berteriak-teriak bahwa anda berhasil mendapatkan cumi-cumi, yang ditakutkan adalah mereka semua yang ada disekitar pelabuhan akan datang untuk menyerbu lokasi tersebut, cukup diam saja dan santai sampai anda berhasil mendapatkan cumi-cumi yang berlimpah. dan andapun akan merasa puas dan senang dengan hasil cumi-cumi yang sangat banyak.

Demikianlah sekilas cara mancing cumi-cumi yang pernah saya alami atau saya lakukan, semoga bermanfaat bagi anda yang masih baru belajar mancing cumi-cumi atau pemancing pemula. Salam hormat saya untuk anda semua yang telah sudi membaca dan berkunjung serta mempraktekannya ditempat anda berada.

Salam Penulis Dari : Sarwing Suryanto _ Blogger_Wordpress.com

Tentang sangiangsea

saya suka menulis tentang apa saja
Pos ini dipublikasikan di Alat Pancing air Laut, Fishing Rods, Ikan Komersial, Ikan Laut, Ikan Olahraga Mancing, Joran Pancing Air Laut, lokasi mancing dilaut, Mancing Cumi-cumi, Mancing Ikan Laut, Saltwater Rods, Umpan Mancing, Wisata Mancing Dilaut. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s