Ikan Demersal Disekitar Laut Sangiang


Populasi Ikan Demersal disekitar Laut Sangiang mempunyai banyak ragam jenisnya, dari jenis ikan komersial sampai ikan hias yang berwarna-warni. Di laut Sangiang terdapat banyak hotspot untuk lokasi mancing ikan dasar. Ada hotspot Tandes Anyer yang terkenal dengan populasi ikan demersal jenis Ikan Kakap Merah nya, adalagi Tandes Sangiang yang terkenal dengan populasi Ikan Kuwe Gerong dan Ikan Kerapu Merah, juga ada Tandes Sangiang Tenggara yang juga terkenal dengan populasi ikan pelagis yaitu Ikan Tenggiri.

 Snappers-tanzaniaMancing ikan demersal disekitar laut sangiang, sebaiknya dilakukan antara bulan Mei sampai dengan bulan September, diantara bulan-bulan ini anda bisa memilih tempat hotspot mancing yang anda sukai. Bagi yang suka mancing ikan dasar anda bisa mencoba hotspot Tandes Anyer yang menjadi idola para pemancing dikota cilegon dan sekitarnya.

Di Laut Sangiang, menawarkan berbagai macam lokasi mancing dengan berbagai macam jenis ikannya, asalkan anda datang tepat pada waktu musimnya ikan sedang bertelur dan tepat pada lokasi mancingnya, pasti akan membawa hasil yang cukup menggembirakan dan andapun akan puas dari hobi anda olahraga mancing tersebut. 

ikan hias ekor kuning terumbu karang

Kalau anda hobi memancing rawe Ikan Ekor Kuning, maka dilaut sangiang lah tempatnya, saya pernah menyaksikan sendiri para pemancing khusus ikan ekor kuning dari kota cirebon yang datang membawa kapalnya sendiri ke pelabuhan anyer – banten. Mereka sengaja datang kesana mengkhususkan menangkap ikan ekor kuning dengan berbagai macam alat pancing, yang pernah saya saksikan dan saya tanyakan pada mereka bahwa mereka hanya memakai alat pancing tradisional saja yaitu pancing rawe dan pancing tuding.

Mungkin naisbnya lagi sedang mujur atau memang ahli memancing, mereka bisa mendapatkan ikan ekor kuning sebanyak 3(tiga) drum plastik seukuran 600 ~ 800 liter air. Ikan ekor kuning yang didapat dari hasil mancing rawe dan mancing tuding besarnya hampir merata, beratnya sekitar 1/2 kiloan. Sungguh hasil yang menggembirakan bagi para pemancing atau nelayan dari kota cirebon tersebut. 

tropical-river-fish_01

 

ikan belanak

Gambar diatas adalah sekumpulan ikan belanak yang ada diarea karang dangkal ditepi pantai.

Populasi Ikan Belanak juga banyak terdapat disekitar pantai pulau sangiang, habitatnya ikan belanak adalah pada area terumbu karang dangkal disekitar pantai-pantai atau muara sungai. Ikan belanak termasuk dalam kategori ikan pelagis komersial, yang banyak tertangkap oleh nelayan tradisional saat melaut menjaring ikan. Ikan belanak ada yang diperjualbelikan dalam bentuk fresh atau ikan segar, ikan asin dan ikan asap.

Daging ikan belanak berwarna putih, lembut dan rasanya cukup lezat untuk diolah dalam berbagai macam masakan Indonesia atau masakan Asing. Ikan Belanak termasuk jenis ikan herbivora, karena makanan utamanya adalah lumut atau rumput laut yang banyak terdapat pada karang-karang dangkal ditepi pantai. Ikan Belanak juga merupakan ikan jenis umpan ikan hidup yang baik untuk memburu atau memancing ikan Kakap Putih atau Barramundi maupun ikan Kakap Hitam.

 

Tentang sangiangsea

saya suka menulis tentang apa saja
Pos ini dipublikasikan di Ikan Komersial, Ikan Laut, Mancing Ikan Laut, Umpan Mancing dan tag , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s