Macam-macam Umpan Mancing


Bagi anda yang mempunyai hobi mancing, baik itu hobi mancing ikan laut maupun mancing ikan air tawar, ada baiknya anda terlebih dahulu mengenal beberapa macam jenis umpan mancing. Terutama sekali bagi anda yang masih baru belajar mancing tingkat pemula, disini saya akan berbagi ilmu pengetahuan yang saya dapatkan dari hasil pengalaman saya selama menjadi pemancing ikan laut dan pemancing ikan air tawar.

Dasar-dasar pemahaman tentang umpan mancing adalah memahami tentang perilaku ikan yang akan kita tangkap dengan alat pancing, memahami situasi dan kondisi struktur geografis lokasi mancing, mengenal dengan baik semua jenis ikan pancingan, baik itu yang dilaut maupun yang di air tawar, mengenal pola cara makan ikan seperti ikan karnivora dan ikan herbivora juga memahami waktu-waktu jam makan ikan.

Mengenal perilaku ikan berarti kita harus sering mengamati pola tingkah laku ikan pada area lokasi mancing tersebut, perilaku yang perlu diamati adalah kebiasaan ikan mencari sumber makanannya pada area tertentu dilokasi mancing yang anda kenal, biasanya ikan predator akan mengejar-ngejar mangsanya pada permukaan air. Disitulah anda harus mengamati secara cermat pola tingkah laku ikan predator yang akan menjadi sasaran pemancingan anda, coba anda perhatikan saat ikan predator tersebut sedang mengejar-ngejar ikan.

Perhatikanlah oleh anda, ikan apakah jenisnya yang sedang dikejar-kejar oleh ikan predator tersebut…? Umpamanya seperti yang pernah saya lihat dan saya perhatikan adalah ikan kuwe gerong, itu akan senang berburu ikan-ikan kecil seperti kumpulan ikan tembang, ikan selar, ikan kembung, ikan teri dan udang putih. Ikan-ikan yang menjadi pemangsanya ini akan berlari kesana-kemari sambil loncat-loncat untuk menghindari mulut ikan kuwe gerong.

Nah…!!! pada saat anda datang disitu, anda melihat ikan mangsanya predator sedang riuh dipermukaan air maka yang harus anda pakai untuk umpan mancing adalah ikan dari jenis tersebut, baik itu ikan hidup maupun ikan mati. Perhatikan juga jam-jam nya pada saat kejadian tersebut dan dapat anda catat pada buku kecil khusus untuk statistik mancing pribadi anda. Bukan hanya jam atau waktu tersebut saja yang perlu anda catat, tetapi juga anda perlu catat adalah kondisi air pada lokasi tersebut.

Bagaimana arus airnya yang sedang berjalan, kehangatan suhu air perairan, ini sangat penting untuk dicatat karena kondisi air yang efektif untuk mancing itu mempunyai suhu air antara 28° ~ 32° Celcius atau suhu air hangat. Dengan tingkat kehangatan air ini akan menyebabkan pengaruh pada kondisi tubuh ikan dan akan menjadi cepat lelah dan lapar bagi ikan dalam melakukan aktivitas berenangnya. Jangan harap anda mancing pada kondisi air yang dingin dengan hasil yang memuaskan, kebanyakan hasilnya adalah kosong.

Tentang macam-macam jenis umpan mancing itu dapat dibedakan atau dikelompokan dalam beberapa kategori. Untuk pembagian dalam kategori utamanya ada 2(dua) macam antara lain sebagai berikut :

  1. Umpan Mancing Ikan Laut
  2. Umpan Mancing Ikan air Tawar.

Dari 2(dua) macam kategori utama umpan mancing diatas dapat dipecah-pecah lagi kedalam beberapa kategori yang lainnya, misalkan untuk kategori Umpan Mancing Ikan Laut :

  1. Umpan Ikan Hidup
  2. Umpan Ikan Mati
  3. Umpan Tiruan

Begitu juga untuk kategori Umpan Mancing Ikan Air Tawar mempunyai beberapa kategori yang masih sama dengan kategori dari umpan mancing ikan laut, cuma yang membedakan hanyalah bentuk, jenis, ukuran dan warnanya. Jadi sangatlah penting sekali bagi anda yang masih baru belajar  hobi memancing ikan, baik yang hobi mancing ikan laut maupun hobi mancing ikan air tawar untuk memahami dari beberapa macam jenis umpan yang akan anda pakai untuk memancing ikan.

Bagi seorang pemancing untuk belajar mengetahui dan memahami tentang umpan mancing  adalah sangat penting sekali. Apa jadinya kalau anda sebagai seorang penghobi mancing tetapi tidak memiliki pengetahuan tentang umpan mancing. Saya pastikan bahwa anda hanya akan mendapatkan hasil dari aktivitas memancing anda dengan hasil banyak kosongnya. Dan kalau seandainya anda mendapatkan hasil, itu hanya sebagai keberuntungan anda pada saat itu saja.

Untuk itu baca terus tulisan saya ini untuk menambah kekayaan pengetahuan anda dalam memiliki variasi macam-macam umpan mancing, dengan banyaknya pengetahuan aneka ragam umpan mancing diharapkan anda bisa mengatasi hasil yang bisa diharapkan sesuai dengan keinginan anda.

About these ads

Tentang Sarwing Suryanto

saya suka menulis tentang apa saja
Tulisan ini dipublikasikan di Ikan Komersial, Ikan Laut, Ikan Olahraga Mancing, Ikan Predator, lokasi mancing dilaut, Mancing Ikan Laut, Umpan Mancing, Wisata Mancing Dilaut. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s